Laman

BERTEMU TEDI IXDIANA DI KOTA TUA SAWAHLUNTO SUMBAR


Sawahlunto adalah kota terakhir yang penulis singgahi selama berada di Propinsi Sumatera Barat, setelah hampir 2 minggu penulis berada di Propinsi yang menjadi tujuan wisata andalan di pulau Sumatera ini, Sawahlunto adalah salah satu kota yang diapit oleh 3 Kabupaten di Sumatera Barat yaitu Kab. Tanah Datar, Kab Solok dan Sijunjung. Berjarak sekitar 95 Kilometer dari Kota Padang. Daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Tua ini memiliki 4 Kecamatan, tetapi Potensi wisata didaerah ini sangat banyak dan unik.

Kota yang berada di ketinggian antara 250 – 650 meter diatas permukaan laut ini bagian dari bukit barisan, memiliki penduduk yang multi etnik antara lain dari suku minangkabau, jawa, tionghua, dan batak. Artitektur bangunan dikota ini sebagian besarnya masih bergaya tempoe dulu, tentu ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesini.

Beberapa lokasi wisata andalan di kota ini antara lain Puncak Polan, Puncak Cemara, Danau Kandi, Musium kereta api, Loebang mbah Soero, Kincir air talawi, Gedung pusat kebudayaan Sawahlunto dan beberapa yang lain, tentunya sayang untuk dilewatkan kalau anda sedang berkunjung kemari. Kalau beruntung anda bisa menyaksikan kegiatan Paralayang di kota tersebut, Paralayang di kota Sawahlunto biasanya mengambil star point dari Puncak Polan.


Bersama salah seorang peserta Paralayang

Ada satu tulisan besar bertuliskan ‘SAWAHLUNTO’ di salah satu puncak yang mengelilingi kota tersebut, daerah itulah yang disebut dengan Puncak Polan. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kota penghasil barubara ini. Bagi para fotografer tempat ini juga menjadi lokasi terbaik untuk mengambil gambar kota Sawahlunto terutama pada malam hari.

BERTEMU DENGAN TEDI IXDIANA

Selama berada di Kota Tua Sawahlunto penulis sangat beruntung karena bisa bertemu dengan orang yang penulis anggap guru dan seorang inspirator dalam olahraga panjat tebing karena memiliki peran besar dalam perkembangan dunia panjat tebing di Indonesia yaitu kang Tedi Ixdiana. Kebetulan pada saat itu kang tedi, deden beserta tim-nya juga baru tiba di Sawahlunto tepatnya di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah Sawahlunto.


Sudah menjadi agenda rutin tahunan bagi Ketua Vertical Rescue Indonesia itu untuk kegiatan diklat peserta di balai tersebut. Kali ini direncanakan selama 4 hari kang Tedi yang juga Kepala Sekolah Panjat Tebing Merah Putih itu berada disana.  Tentu saja kesempatan ini tidak penulis sia-siakan. Saat ini kang tedi sedang disibukkan dengan kegiatan Ekpedisi Jembatan Gantung untuk Indonesia.

KOORDINAT LOKASI KOTA SAWAHLUNTO DALAM GOOGLE MAP



PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel BERTEMU TEDI IXDIANA DI KOTA TUA SAWAHLUNTO SUMBAR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.