Laman

PENTINGNYA FIRST AID KIT DALAM SITUASI SURVIVAL


Fisrt Aid termasuk di dalamnya kemampuan untuk mengindikasi, mencegah dan tetap bisa menjaga kondisi tubuh sendiri agar selalu dalam kondisi baik adalah kemampuan yang utama yang harus dikuasai oleh seorang yang sering melakukan kegiatan di alam bebas setelah kemampuan untuk tetap berfikir logis apalagi dalam situasi survival. Dengan kata lain sebelum melakukan aktifitas lainnya saat dalam situasi survival hal yang paling utama yang harus disiapkan adalah pikiran yang tetap logis dan badan dalam kondisi sehat. Ini adalah 2 (dua) modal utama yang harus selalu terjaga, dengan demikian walau kondisi sesulit apapun yang dihadapi anda akan tetap bisa memaksimalkan semua sumber daya yang ada disekitar untuk keberlangsungan hidup.

Beraktifitas di alam bebas selalu dekat dengan kecelakaan yang sewaktu-waktu bisa menimpa, dan kecelakaan itu bisa datang dari kesalahan diri sendiri ataupun dari factor alam atau lingkungan. Apalagi dalam kondisi survival dimana jiwa akan merasa sangat tertekan dalam kondisi yang demikian resiko terjadi kecelakaanpun akan meningkat. Menguasai kemapuan untuk mencegah dan mengobati diri sendiri saat terjadi kecelakaan dengan cepat dan tepat akan sangat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap bisa beraktitas dengan baik dan memperbesar peluang untuk bisa keluar dalam situasi tersebut.


Di alam bebas luka sekecil apapun sangat berbahaya kalau tidak di tangani dengan baik, luka kecil akibat tergores, tertusuk, tersayat atau terbentur bisa menjadi luka besar dan bahkan mematikan kalau kita tidak tahu cara menanganinya dengan benar, ini karena di alam banyak terdapat kuman atau bakteri yang bisa membuat luka sulit untuk sembuh atau malah tambah memperparah. Kuman atau bakteri tersebut bisa ada dimana saja, ditanah, air, pohon, di binatang-binatang kecil yang kita anggap tidak berbahaya. Dalam situasi survival kalau kondisi tubuh sudah sulit untuk beraktifitas jelas ini akan memperburuk keadaan. Oleh sebab itu jangan anggap enteng luka sekecil apapun saat di alam bebas.

Berdasarkan kondisi-kondisi diatas maka ada baiknya selain menyiapkan survival kit anda juga harus menyiapkan first aid kit. Tidak perlu yang ukuran besar atau super lengkap, namanya juga pertolongan pertama lagipula disiapkan hanya untuk keperluan satu orang yaitu diri sendiri, dan hanya terbatas pada pertolongan untuk kecelakaan-kecalakaan yang umum saja seperti pendarahan akibat luka, terkilir, patah, terbakar, kulit gatal-gatal dan lain-lain di tambah obat-obatan pribadi.


Obat-obatan pribadi disini maksudnya adalah obat yang dipersiapkan untuk penyakit yang sebelumnya memang sudah ada, misalnya anda elergi terhadap sesuatu, sakit gigi atau anda mengidap asma berarti anda harus membawa obat untuk asma dan yang pasti obat pribadi akan berbeda-beda antara masing-masing orang. Persiapkan segalanya dengan baik agar dalam situasi tersulitpun anda tetap tidak kehilangan akal sehat dan tetap bisa menjaga tubuh yang sehat.

Mungkin dalam prakteknya perlengkapan first aid kit akan sedikit berbeda-beda antara masing-masing orang, akan tetapi tetap memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Penulis pun memiliki daftar first aid kit sendiri yang selalu penulis bawa saat berkegiatan dialam bebas. Diantaranya :

- Kasa
- Kapas
- Kain Bidai
- Torniket
- Gunting
- Pinset
- Betadine
- Minyak kayu putih
- Oralit
- Promag
- Amoxilin
- Paracetamol

Untuk menguasai teknik pertolongan pertama membutuhkan latihan karena walau terlihat sederhana akan tetapi kalau belum terbiasa anda akan kesulitan dan pengobat menjadi tidak efektif. Selain menguasai pengobatan menggunakan first aid yang anda bawa, anda juga harus menguasai teknik pengobataan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam, dilain waktu penulis akan membahas di artikel yang berbeda.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENTINGNYA FIRST AID KIT DALAM SITUASI SURVIVAL ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.