Laman

LOKASI PANJAT TEBING CIAMPEA BOGOR


Bagi masyarakat kota Bogor apabila mendengar kata ciampea yang terlintas di benak pastilah bukit kapur ciampea ini. Bukit ini berada di pertigaan menuju ciampea dan sudah menjadi image dari wilayah tersebut. Bukit ini jarang dikunjungi oleh masyarakat untuk rekreasi tetapi sangat sering didatangi oleh para pemanjat, karena dilokasi bukit kapur ciampea ini terdapat tebing yang sangat populer dikalangan pemanjat terutama dikota Bogor dan Jabodetabek. Bahkan lokasi tebing di bukit kapur ini sering disebut dengan ‘tebing sejuta umat’.

Hal tersebut sangat wajar mengingat tebing ini selain mudah di akses karena tidak jauh dari pusat kota, juga ketinggian jalur panjat yang tidak begitu signifikan. Tingkat kesulitan jalur pemanjatan di tebing inipun cukup variatif mulai dari yang mudah sampai yang cukup sulit ada ditebing ini. Dari atas tebing anda akan disugukan pemandangan hutan dan area persawahan yang cukup memanjakan mata.

LETAK LOKASI TEBING CIAMPEA

Tebing ciampea berlokasi di ciampea tepatnya sebelah selatan pusat kota Bogor Propinsi Jawa Barat.

AKSES KE LOKASI PANJAT TEBING CIAMPEA

Dari pusat kota Bogor tebing ini hanya berjarak 15 kilometer, akan tetapi untuk ke lokasi ini bisa saja menghabiskan waktu selama 1 jam perjalanan karena jalanan bogor yang macetnya sudah terbilang parah. Di karena tebing ini bersebelahan dengan salah satu kebun milik warga sebaiknya meminta izin  terlebih dahulu pada pemilik kebun. Untuk sampai di kaki tebing anda harus berjalan lebih kurang 1 kilometer dengan medan menanjak dan masi dipenuhi semak belukar. 

KARAKTER BATUAN TEBING CIAMPEA

Struktur batuan di tebing ciampea berjenis limestone banyak terdapat di kawasan karts, terdiri dari butiran-butiran kapur yang halus berwarna putih sedikit keabu-abuan, permukaan tebing memiliki banyak lubang dan rekahan (crack) sangat sesuai sebagai tempat pemanjatan.

JALUR PANJAT DI LOKASI TEBING CIAMPEA 

Tebing ciampea memiliki ketinggian antara 5 meter – 30 meter, ada beberapa jalur yang membentang mulai dari sisi kiri sampai kanan tebing sebagian besarnya adalah jalur untuk sport climbing namun ada juga jalur untuk artificial climbing, dengan tingkat kesulitan antara 5.8 sampai 5.12. Dibawah ini setidaknya ada 13 jalur yang ada di tebing ciampea antara lain :

Jalur ‘Putih’ dengan tingkat kesulitan 5.8, dan tinggi 5 meter
Jalur ‘Revolution’ dengan tingkat kesulitan 5.12 dan tinggi 11 meter
Jalur ‘Kambing’ dengan tingkat kesulitan 5.9 dan tinggi jalur 11 meter
Jalur ‘Westbank’ dengan tingkat kesulitan 5.11 dan tinggi jalur 7 meter
Jalur ‘Tiga bor’ dengan tingkat kesulitan 5.11 dan tinggi jalur 5 meter
Jalur ‘Intifada’ dengan tingkat kesulitan 5.12 dan tinggi jalur 5 meter
Jalur ‘Bicycle’ dengan tingkat kesulitan 5.10 dan tinggi jalur 7 meter 
Jalur ‘Taliban’ dengan tingkat kesulitan 5.11b dan tinggi jalur 9 meter
Jalur ‘Toke’ dengan tingkat kesulitan 5.9 dan tinggi jalur 7 meter
Jalur ‘Strawberry’ dengan tingkat kesulitan 5.8 dan tinggi jalur 8 meter
Jalur ‘Tiram’ dengan tingkat kesulitan 5.8 dan tinggi jalur 7 meter
Jalur ‘Momen in time’ dengan tingkat kesulitan 5.11d dan tinggi jalur 4 meter
Jalur ‘Tangga’ dengan tingkat kesulitan 5.7 dan tinggi jalur 15 meter
Sumber referensi jalur panjat : wisataseru.com

Jalur – jalur tersebut kemungkinan akan terus bertambah karena tebing ini tidak hanya di datangi oleh pemanjat sekitar kota bogor tetapi juga dari luar kota bogor.

KOORDINAT LOKASI TEBING CIAMPEA DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING CIAMPEA BOGOR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.