Laman

MENGAMATI FENOMENA GERHANA MATAHARI DARI BUKIT GOA JEPANG LHOKSEUMAWE


Rabu, 9 Maret 2016 adalah hari yang boleh dibilang bersejarah karena bumi mengalami salah satu fenomena langka yaitu terjadinya gerhana matahari total, dan fenomena ini terjadi juga sebagian wilayah Indonesia, Spot gerhana total melintas dari Pulau Sumatra sampai ke Maluku / Halmahera. Khususnya di Aceh walau bukan Gerhana Matahari Total akan tetapi tetap saja fenomena ini langka karena sangat jarang terjadi di Aceh. Boleh dibilang ini pengalam penulis sekali seumur hidup, karena hanya terjadi 350 tahun sekali di tempat yang sama.

Beberapa hari sebelumnya penulis dan beberapa teman sudah merencanakan akan menyaksikan langsung fenomena tersebut. Sebenarnya untuk wilayah Lhokseumawe, Pusat Studi Ilmu Falaq Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikulsaleh menunjuk lokasi KP3 sebagai pusat tempat mengamati terjadinya gerhana tersebut, akan tetapi penulis memilih menyaksikan fenomena langka tersebut dari Bukit Goa Jepang.

Kami memilih tempat itu tentu saja bukan karena hanya ingin menyaksikan fenomena itu saja tetapi juga sekaligus ingin menikmati malam dari atas bukit sampai pagi menjelang saat fenomena langka itu muncul.  Dengan perbekalan yang ada dan peralatan dokumentasi yang mumpuni malam  itu kami bergerak menuju ke bukit. Sampai di atas kami menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan malam Kota Lhokseumawe serta mendokumentasikan keindahannya dari puncak bukit tersebut. Tampak dari sana lampu-lampu kota Lhokseumawe, kapal laut dilaut lepas juga yang paling indah adalah lampu-lampu di pabrik PT. Arun LNG yang sekarang berganti menjadi Perta Arun Gas (PAG).



Gerhana matahari pagi itu terjadi selama dua jam mulai pukul 6.26 WIB sampai 8.26 WIB, tetapi penulis  baru melihat terjadinya gerhana mulai pukul 6.40 WIB itu dikarenakan cuaca pada pagi itu berawan, dan puncaknya terjadi pada pukul 7.22 WIB. Sungguh sebuah momen langka bagi penulis bisa menyaksikan dan mengabadikan kejadian ini secara langsung.


SEKILAS TENTANG BUKIT GOA JEPANG DI LHOKSEUMAWE

Goa Jepang menjadi salah satu spot wisata andalan di kawasan Kota Lhokseumawe, selain memiliki nilai historis yang tinggi, panorama alam di sekitar objek wisata pun sangat menarik. Berada di Gampong Blang Panyang Kota Lhokseumawe, hanya sekitar 15 menit dari pusat kota. Tempat wisata ini merupakan Goa peninggalan masa penjajahan Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Dai Nippon dimasa lalu.


Suasana perbukitan disekitar lokasi Goa ini pun tidak kalah menarik menyugukan pemandangan alam yang indah baik siang maupun malam hari, Penulis juga pernah menyempatkan diri untuk camping satu malam menikmati keindahan alam dilokasi tersebut.

KOORDINAT LOKASI BUKIT GOA JEPANG LHOKSEUMAWE DALAM GOOGLE MAP



PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MENGAMATI FENOMENA GERHANA MATAHARI DARI BUKIT GOA JEPANG LHOKSEUMAWE ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.