Laman

TRIP KE LINGKOK KUWIENG URUK MEUH PADANG TIJI ACEH

Tak perlu mengurai panjang lebar untuk menggambarkan keindahan alam untuk lokasi yang satu ini, lingkok kuwieng atau masyarakat disana menyebutnya uruek meuh adalah kawasan aliran sungai dengan sisi-sisi batuan yang khas dengan panorama alam yang sangat indah, asri dan masih jarang kunjungi membuat tempat ini sangat istimewa. Uruek Meuh terletak di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie.

Perjalan kami dimulai dari Wall Climbing FPTI Aceh Utara, total 11 orang, 8 orang berangkat pagi hari dan sisanya siang hari karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Menempuh perjalanan lebih kurang 3 jam akhirnya kami sampai di kecamatan padang tiji kabupaten pidie.  Sampai disana kami disambut oleh beberapa teman dari KOPALA (Komunitas Pencinta Alam) Sigli yang memang sudah dikonfirmasi sebelumnya untuk membantu kami menuju ke lokasi. Sebelum berangkat kami menyempatkan diri menikmati segelas kopi tepatnya di desa gampong cot sambil bercengkrama ala 'keudekupi' dengan mereka dan sekitar jam 4 sore kami baru memulai perjalanan ke lingkok kuwieng.

Sekitar  1 jam perjalanan menggunakan motor melewati beberapa tanjakan kami pun tiba di atas perbukitan tempat kami memarkirkan motor, untuk selanjutnya perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh menuju lokasi, karena suasana sore itu cukup cerah belock (anggota kopala sigli) membawa kami melewati jalur dari atas perbukitan, jalur yang satu ini adalah jalur terjauh menuju kesana akan tetapi memberikan panorama alam yang indah selama perjalanan melewati perbukitan disisi lain tampak dengan megahnya gunung seulawah inong menemani perjalanan kami.

Lebih kurang 2 jam kami pun tiba di lokasi uruek meuh hari sudah mulai gelap dengan menggunakan penerangan perlahan kami menyusuri sisi sungai menuju lokasi tempat kami akan memasang tenda untuk bermalam disana. Setelah makan malam kami menikmati kopi bersama ditemani cahaya bulan penuh yang menembus dari sela-sela dahan pepohonan malam itu, baru sekitar pukul 2 pagi hari tiga teman kami tiba juga dilokasi sambil membawakan tambahan logistic dan malam itupun kami lewati dengan sempurna.

Selama dua malam kami berada disana selain menikmati panorama alam yang sangat indah banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana mulai dari berenang di aliran sungai yang serasa kolam pribadi, mandi di air terjun kecil, memancing ikan sampai bouldering di sisi-sisi tebing disekitar aliran sungai.

Minggu pagi itu sesuai rencana kami pun berkemas untuk kembali , kali ini kami melewati jalur lainnya jalur terdekat lebih kurang membutuhkan waktu 1 jam untuk menuju ke lokasi tempat kami memarkir motor. Tanpa halangan yang berarti berjalan santai sambil menanjak, tepat sore hari kami tiba ditempat kami masing-masing. Terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman kami nekbo, belock, serta anggota Kopala Sigli lainnya yang telah banyak membatu perjalanan kami.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TRIP KE LINGKOK KUWIENG URUK MEUH PADANG TIJI ACEH ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.