Laman

PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG DALAM MANAJEMEN PENDAKIAN


Suksesnya sebuah perjalanan adalah hasil dari sebuah perencanaan yang matang, begitu juga untuk kegiatan mendaki gunung. Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan mulai dari persiapan awal sampai kembali pulang. Walaupun bagi sebagian orang mendaki gunung sudah menjadi hobi tetap saja mendaki adalah bagian dari olahraga dan semua jenis olahraga membutuhkan kesiapan dan strategi agar berjalan sesuai yang diharapkan.

Manajemen pendakian adalah keahlian wajib yang harus di kuasai oleh setiap pendaki, alangkan baiknya kalau setiap anggota menguasai keahlian ini karena akan sangat membantu kelancaran pendakian. Lagipula belajar manajemen pendakian bisa menjadi awal untuk lahitan menjadi leader, jangan hanya nyaman sebagai folower. Kali ini penulis akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui dalam sebuah manajemen pendakian.

BACA JUGA : ISTILAH YANG SERING DIPAKAI OLEH PENDAKI GUNUNG

Secara garis besar manajemen pendakian meliputi tiga tahapan yaitu, tahapan :

A. Sebelum mendaki
B. Saat mendaki
C. Setelah mendaki

A. SEBELUM MENDAKI

Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki adalah :

1. Menentukan Gunung Tujuan

Tentukan gunung mana yang akan didaki, ini adalah awal dari semua perencanaan karena karakter gunung yang akan dituju sangat menentukan perencanaan seperti apa yang harus anda atau tim persiapkan. Setelah menentukan gunung tujuan, langkah berikutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang gunung tersebut yang meliputi tentang :

- Perizinan
- Peraturan yang berlaku (kewajiban dan larangan)
- Karakter jalur dan post -post pendakian
- Sumber air

2. Menentukan Personil dan Waktu Pendakian

Setelah mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya tentang gunung yang dituju, selanjutnya menentukan personil yang akan mendaki dan waktu pendakian ke gunung tersebut. Perhitungkan waktu pendakian dengan detail, meliputi :

- Waktu keberangkatan ke lokasi
- Waktu memulai pendakian
- Target tiba di camp site dan summuit attack
- Kapan akan turun
- Kapan pendakian harus berhenti bahkan dibatalkan

3. Perlengkapan dan Logistik Pendakian 

Selanjutnya adalah mempersiapkan semua perlengkapan dan logistik atau perbekalan yang dibutuhkan, untuk perlengkapan mendaki terbagi dua yaitu :

1. Perlengkapan pribadi meliputi :

- Pakayan lapangan, sepatu dan carrier  
- Pakayan kering
- Perlengkapan tidur
- Survival kit dan first aid kit
- Senter, jas hujan, matras

2. Perlengkapan kelompok meliputi :

- Tenda
- Peralatan masak
- Tempat air
- Pisau tebas

Untuk logistik selama pendakian ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan telah penulis bahas khusus di postingan sebelumnya, untuk lebih jelasnya :


Agar lebih mudah sebaiknya logistik di pisah-pisahkan (dibungkus perpaket) berdasarkan waktu makan serta diberi label. Kalau jumlah paketnya banyak bisa di bagi ke beberapa pendaki agar distribusi beban merata. Penting harus di ingat jangan membawa logistik sesuai rencana, sebaiknya di lebihkan dua paket untuk cadangan, ini penting sebagai antisipasi jika ternyata waktu yang dibutukan meleset sehingga lebih lama dari yang direncanakan. Hal tersebut berlaku juga untuk air, kebutuhan air lebih krusial daripada makanan jadi pergunakan air sebaik mungkin, apalagi jika tak ada sumber air disepanjang lajur pendakian.

B. SAAT MENDAKI

Setelah semua persiapan awal selesai dipenuhi barulah pendakian bisa dilaksanakan, namun jika masih banyak kekurangan sebaiknya tunda dulu pendakian. Saat berada di lokasi pendakian sebaiknya lakukan briefing dengan semua personil sebelum masuk jalur pendakian. 

Beberapa hal yang perlu disepakati saat briefing antara lain :
  • Menentukan posisi dalam sebuah tim pendakian yang terdiri dari leader, sweeper dan anggota. 
  • Menentukan teknik pendakian meliputi pemilihan jalur, dimana harus berhenti, perkiraan kapan harus sampai puncak, teknik komunikasi selama pendakian dan sebagainya.
  • Berdoa bersama dan selalu ingatkan agar menjaga kebersihan jalur.


C. SETELAH MENDAKI

Saat akan turun atau setelah mendaki perhatikan hal – hal berikut :
  • Pastikan tidak ada barang bawaan yang tertinggal, apalagi sampah, bawa turun semua.
  • Jangan buru – buru saat turun. Ingat, pendakian belum benar – benar selesai sampai anda selamat tiba kerumah masing – masing.
Terakhir, evaluasi pendakian yang telah tim anda lakukan, ini sangat penting agar setiap kendala yang muncul selama pendakian bisa menjadi pembelajaran dan tidak terulang lagi di pendakian selanjutnya.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG DALAM MANAJEMEN PENDAKIAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.