Laman

TAHAPAN YANG BENAR DALAM MENENTUKAN LOKASI MENDIRIKAN TENDA


Saat mendaki gunung atau camping di hutan pengetahuan tentang lokasi yang aman untuk mendirikan tenda sangat penting, hal ini karena anda akan tinggal atau bermalam di area tersebut. Kesalahan dalam memilih lokasi bisa berakibat fatal. Resikonya mulai dari yang sederhana seperti kurang nyaman saat beraktifitas disekitar tenda, tidak bisa tidur, sampai yang bisa mengancam nyawa. 

Dibawah ini beberapa panduan yang bisa anda pelajari tentang cara memilih lokasi mendirikan tenda yang benar, antara lain: 

1. CARI PERMUKAAN TANAH YANG DATAR

Sabaiknya mendirikan tenda di tanah yang datar agar lebih nyaman saat tidur didalam tenda, namun daerah datar tersebut harus anda pastikan terlebih dahulu bukan di daerah cekungan yang berpotensi terjadi genangan air saat hujan turun. 

2. PASTIKAN LOKASI TENDA AMAN DARI POTENSI BAHAYA SEKELILING

Daerah datar mungkin tidak terlalu sulit ditemukan saat dihutan apalagi yang anda butuhkan untuk tenda tidak begitu besar. Namun menemukan daerah datar yang aman untuk mendirikan tenda membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam tentang potensi bahaya saat dihutan. Beberapa lokasi yang sebaiknya anda hindari untuk medirikan tenda :

  • Jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan lajur pendakian, tentu saja selain mengganggu pendaki lain juga akan sangat mengganggu kenyamanan anda saat tidur atau beraktifitas disekitar tenda.
  • Jangan mendirikan tenda di jalur hewan
  • Jangan mendirikan tenda dibawah pohon mati, hal ini untuk menghindari potensi jatuhnya cabang pohon kering akibat angin atau lain sebaginya.
  • Jangan mendirikan tenda terlalu rapat dengan tebing karena bebatuan dari atas tebing bisa saja jatuh sewaktu-waktu. Jangan juga mendirikan tenda di atas tebing karena badai bisa membuat tenda roboh dengan mudah.
  • Jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan sungai, hal ini untuk menghindari berbagai potensi bahaya yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti banjir atau luapan air yang bisa datang tiba-tiba selain itu hewan juga akan turun ke sungai untuk minum. 
  • Jika harus mendirikan tenda di tempat yang lembab dan bersemak, bersihkan dahulu area tersebut karena tempat seperti itu biasa menjadi tempat favorit hewan beracun seperti limpan, kalajengking, ular dan sejenisnya. Perhatikan juga area bebas dari sarang serangga seperti sarang semut dan lebah karena bisa sangat menggangu anda.
  • Memilih lokasi sebelah batu besar atau pepohonan hidup yang tidak terlalu tinggi sangat baik untuk perlindungan tenda dari angin dari pada di area yang sangat terbuka.
3. PERHATIKAN ARAH PINTU TENDA

Posisikan pintu tenda searah dengan arah angin jangan berlawanan, dengan demikian anda akan lebih terlindungi saat beraktifitas di depan tenda seperti membuat api atau memasak, lagipula tempat yang sangat berangin udara bisa menjadi lebih dingin.

4. BUAT SALURAN AIR DISEKELILING TENDA

Buat parit – parit kecil di sekeliling tenda untuk menampung air dari flysheet atau saluran untuk mengarahkan air agar tidak ke tenda. Bila diperlukan tabur garam besar sekeliling tenda untuk menghindari binatang seperti lintah, pacat dan cacing tetapi tidak termasuk ular.

5. JAGA KEBERSIHAN TENDA

Jaga kebersihan tenda terutama dari makanan yang anda bawa atau dari sekitar lokasi tenda, sebaiknya jangan sisakan makanan yang anda buat. Tanam atau buang ke sungai sisa makanan seperti tulang ikan dan sejenisnya karena bau amis bisa mendatangkan hewan seperti babi atau tikus dan hewan tersebut bisa mengundang hewan pemangsa lain seperti harimau untuk datang.

Demikianlah beberapa cara menentukan lokasi untuk mendirikan tenda dengan aman, semoga bermanfaat.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TAHAPAN YANG BENAR DALAM MENENTUKAN LOKASI MENDIRIKAN TENDA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.