Laman

BELAJAR MANAGEMEN LOGISTIK SAAT MENDAKI GUNUNG


Dalam melakukan pendakian kemampuan mengatur logistik sangatlah penting terutama untuk pendakian yang memakan waktu lama, logistik sendiri adalah makanan atau perbekalan yang dibawa dalam pendakian. Kesalahan dalam mengatur logistik bisa membuat pendakian terasa lebih berat dan menghambat, oleh sebab itu managemen logistik perlu dikuasai oleh setiap pendaki.

TUJUAN MANAGEMEN LOGISTIK

Adapun tujuan menguasai managemen logistik adalah agar pendaki bisa menentukan jenis perbekalan berdasarkan ukuran, kalori dan nutrisi agar lebih efesien dan ekonomis sehingga carrier tidak terlalu berat dan tidak menghabiskan banyak tempat tetapi tetap memenuhi kebutuhan asupan energy yang layak bagi pendaki. Logistik merupakan kebutuhan vital dalam mendaki, kehabisan logistik ditengah perjalanan bisa membuat pendakian tak mungkin untuk diteruskan. Pemilihan jenis logistik yang kurang tepat juga bisa membuat pendaki cepat merasa lapar walau sudah makan dengan porsi yang terlihat cukup. Selain itu logistik dengan nilai nutrisi yang buruk bisa mengurangi daya tahan, membuat otot sulit recovery dan lain sebagainya.

BACA JUGA : PACKING CARRIER BERDASARKAN KEBUTUHAN SAAT MENDAKI GUNUNG

Sebelum meninjau faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis logistik yang tepat, ada baiknya anda mengetahui sekilas teori tentang kebutuhan energi berdasarkan berbagai jenis kegiatan.

KEBUTUHAN ENERGI BERDASARKAN BMR

BMR atau Basal Metabolig Rate adalah energy minimal yang diperlukan dalam keadaan istirahat sempurna baik secara fisik maupun mental, berbaring tetapi tidak tidur disuhu ruangan 25 derajat celcius (Darwin, 1988:7).

Bagi seorang pendaki gunung, jumlah kebutuhan kalori dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :

- Jenis kelamin
- Suhu lingkungan
- Jenis kegiatan selama pendakian

Untuk menghitung besarnya BMR seseorang caranya adalah :

(Berat badan x 24 kalori)

Umpamanya, berat badan 50kg berarti kebutuhan kalori adalah 50 x 24 = 1200. Sedangkan untuk jumlah kalori perhari bisa ditentukan berdasarkan kelipatan BMR yang bisa anda lihat pada tabel berikut :


Seorang dengan berat badan 50kg dengan kegiatan mendaki gunung, maka kebutuhan kalorinya adalah :

50 kg x 24 kalori = 1200 kalori (BMR)
125% x 1200 (BMR) = 1500 kalori

Jadi total kebutuhan kalori perharinya adalah : 1200 + 1500 = 2700 kalori/hari


Jadi kisaran kebutuhan kalori untuk kegiatan di alam terbuka yaitu antara 2500 s/d 3500 kalori perhari. Kebutuhan kalori laki-laki dan perempuan berbeda hal ini karena pada wanita jaringan lemak dibawah kulit lebih tebal sehingga pengeluaran proses tubuh menjadi lebih kecil.

Bagi seorang pendaki kebutuhan kalorinya adalah seperti dibawah ini :

- Untuk kegiatan ringan laki-laki 2400 kalori, sedangkan perempuan 2000 kalori.
- Untuk kegiatan sedang laki-laki 2600 kalori sedangkan perempuan 2400 kalori.
- Untuk kegiatan berat laki-laki 3000 kalori sedangkan perempuan 2600 kalori.

SUMBER NUTRISI YANG TEPAT BAGI PENDAKI GUNUNG

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis logistik atau perbekalan selama pendakian antara lain :

- Perhatikan jumlah kalori dan komposisi gizi yang terkandung.
- Ukurannya tidak besar, tidak mudah rusak dan tahan lama.
- Mudah disajikan, sehingga hemat waktu, air dan bahan bakar.

BEBERAPA FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN DALAM MENENTUKAN PERBEKALAN/LOGISTIK DALAM PENDAKIAN

1. LAMANYA WAKTU PENDAKIAN

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pendakian dihitung mulai dari hari keberangkatan hingga kembali sangat berpengaruh terhadap jumlah logistik yang harus dibawa. Bahkan untuk pendakian tertentu jumlah logistik dilebihkan 1 atau 2 hari sebagai antisipasi kejadian diluar rencana.

2. JUMLAH PENDAKI

Jumlah pendaki keseluruhan menjadi parameter kedua penentu banyaknya logistik yang akan dibawa, baik untuk pendakian dalam kelompok kecil ataupun besar hitung dengan tepat jumlah pendaki yang akan berangkat dengan lamanya waktu pendakian.

3. PERTIMBANGAN SELERA PENDAKI

Ada kalanya tidak semua jenis makan disukai dan bisa dimakan oleh semua pendaki, bisa jadi ada anggota yang tidak bisa makan karena alasan tertentu misalnya karena elergi dan sebagainya. Pertimbangkan jenis makanan yang disukai oleh anggota pendakian, dalam hal ini bisa jadi list makanan di daftar banyak yang berubah.

Selain 3 hal utama di atas ada 1 hal lain yang juga perlu diperhatikan yang bisa jadi mempengaruhi ruang kosong di carrier dan jumlah logistik yang perlu dibawa yaitu :

4. ADANYA SUMBER AIR

Di beberapa gunung terdapat sumber air di jalur pendakiannya yang bisa dimanfaatkan oleh pendaki, sumber air bisa berupa aliran sungai atau adanya mata air di titik tertentu di jalur. Pastikan dengan tepat letak lokasi dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sumber air tersebut karena hal ini bisa berpengaruh terhadap banyaknya air yang akan dibawa saat akan berangkat.

BEBERAPA CONTOH SUMBER NUTRISI YANG BISA MENJADI ALTERNATIF SAAT MENDAKI :

  • Untuk sumber karbohidrat selain Beras ada beberapa alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan seperti, Bubur nasi, Biskuit, Sereal, Mie, Roti tawar. 
  • Untuk sumber protein selain Telur anda bisa juga menyediakan Susu, Sarden, Keju, Yogurt sebagai tambahan atau alternatif pengganti.
  • Untuk sumber lemak anda bisa menyediakan Cornet, Sosis, Baso, Abon atau Dendeng.

BACA JUGA : PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG DALAM MANAJEMEN PENDAKIAN

Demikianlah beberapa hal menyangkut managemen logistik yang perlu anda ketahui saat akan mendaki, biasanya satu orang dalam tim akan ditunjuk khusus untuk mengatur masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber :
chindypermata.wordpress.com
fajaryuga.com

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel BELAJAR MANAGEMEN LOGISTIK SAAT MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.