Laman

LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA

Source Photo Google Map
Gunung Api Purba merupakan kawasan Ekowisata yang sudah di kembangkan dari tahun 1999, dikelola oleh Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri. Banyak jenis wisata petualangan / adventure yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti mendaki gunung, susur goad an panjat tebing.Gunung di Nglanggeran ini memiliki ketinggian 200 - 700 mdpl, terdiri dari banyak gunung di dalamnya, masing – masing gunung tersebut memiliki bentuk dan nilai historisnya sendiri-sendiri. Tebing dikawasan ini pun sangat beragam dan menantang untuk dipanjat.

LETAK LOKASI TEBING GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA

Lokasi tebing gunung api purba terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Merupakan Kawasan Baturagung dibagian utara Gunung kidul.

AKSES KE LOKASI TEBING TEBING GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA

Untuk menuju ke lokasi tebing yang ada di kawasan gunung api purba tergolong mudah karena berada di kawasan gunung kidul. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke kawasan gunung api purba ini sekitar 24 kilometer.

Dari Yogyakarta melalui jalan wonosari ke bukit patuk, tiba di perempatan pos polisi ambil kiri menuju deretan tower pemancar, sekitar 1 kilometer dari deretan pemancar tersebut terdapat plang ‘ekowisata gunung api purba’. Membutuhkan waktu sekitar 50 menit perjalan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika dari Prambanan, berjarak sekitar 20 kilometer, anda bisa mengambil rute Pasar prambanan - Piyungan – Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – Desa Ngoro-oro – Nglanggeran.

KARAKTER BATUAN TEBING DI GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA

Tebing nglanggeran ini merupakan tebing andesit yang terbentuk dari aktifitas gunung api purba yang membentuk bongkahan – bongkahan tebing yang sangat menarik terutama bagi pegian olahraga panjat tebing.

JALUR PANJAT DI TEBING GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA

Terdapat beberapa variasi rute pemanjatan di tebing gunung ini mulai dari yang ringan, sedang hingga tinggi untuk pemanjat professional. Kawasan tebing di gunung ini selalu ramai di kunjungi oleh para pemanjat oleh karena itu jalur panjat pun mungkin selalu bertambah. Jalur ‘silvana’ dan jalur ‘nyingnying’ adalah nama jalur yang terdapat ditebing tersebut yang di buat oleh Majestik-55 serta beberapa jalur lain yang dibuat oleh Komunitas Panjat Tebing Yogyakarta (KPTY).

KOORDINAT LOKASI TEBING GUNUNG API PURBA DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG API PURBA YOGYAKARTA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.