Laman

TINDAKAN SAAT DI GIGIT LINTAH ATAU PACET SAAT DI HUTAN


Saat menyusuri semak belukar di alam bebas tak jarang pacet dan lintah menjadi ‘teman’ nebeng yang tak diundang khususnya di hutan hujan tropis seperti hutan di Negara kita, apalagi harus menembus daerah semak belukar yang lembab dan berair. Pacet dan lintah adalah hewan penghisap darah tetapi sebagian besar korbannya tidak sadar saat digigit hal ini karena saat menggigit mereka mengeluarkan zat kimia anastesi, itulah mengapa korban tidak merasa sakit saat digigit lintah atau pacet. Lintah atau pacet bisa menghisap darah hingga 8-10 kali berat tubuhnya. Terdapat beberapa jenis lintah ada yang hidup di daratan, air tawar dan laut.

Perbedaan lintah dan pacet lebih kepada habitat kesukaannya kalau lintah di dalam air sedangkan pacet di dedaunan atau batang pohon (diluar air), semua jenis lintah tergolong karnivora dan beberapa jenisnya adalah predator berbagai jenis invertebrate seperti cacing, larva dan serangga. Selain bentuknya yang membuat sebagian kita merasa geli, gigitannya yang sulit sekali untuk dilepas juga menjadikan hewan ini sangat dihindari saat berada dialam bebas.

BEBERAPA CARA UNTUK MELEPASKAN GIGITAN PACET DAN LINTAH

1. Menggunakan garam, selain dapat mengusir kelabang dan kalajengking garam juga bisa digunakan untuk melepaskan gigitan pacet atau lintah. Tabur garam ke tubuh lintah atau pacet atau bisa dicampur dengan sedikit air lalu siram ke tubuh pacet atau lintah maka mereka akan segera melepaskan gigitannya. Garam merupakan menu wajib yang selalu dibawa oleh para petualang saat beraktifitas dialam bebas.

2. Selain garam bahan lain yang hampir selalu dibawa oleh petualang khusunya cowok adalah tembakau (khusus perokok), tembakau juga sangat efektif untuk melepaskan gigitan pacet atau lintah, caranya cukup mencampur tembakau dengan air lalu remas dan letakkan di mulut lintah atau pacet maka mereka akan segera melepas gigitannya. Bisa juga langsung pakai api dari puntung rokoknya tempelkan saja ke badan pacet atau lintah tersebut.

3. Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa digunakan selain dua cara diatas (yang paling mudah menurut penulis) seperti menggunakan lotion anti nyamuk, minyak kayu putih, balsem, air jeruk, minyak tanah, air sabun, sabun colek, bedak anti gatal atau biang keringat.

Cara untuk menghindari lintah atau pacet agar tidak menempel ke tubuh diantaranya :

- Saat menyusuri hutan sebaiknya menggunakan celana panjang, sepatu dan gaiter, bila perlu masukan baju ke dalam celana panjang anda, hal ini sangat membantu agar tubuh tidak mudah dihinggapi pacet atau lintah.

- Saat beristirahat, kalau bisa carilah tempat yang terkena matahari langsung, karena pacet atau lintah tak ada di tempat panas dan kering.

- Jika digigit lintah sebaiknya jangan ditarik, karena akan membuat anda berdarah lebih parah dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghentikan pendarahannya. Sebaiknya gunakan cara seperti yang telah dijelaskan diatas. 

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN SAAT DI GIGIT LINTAH ATAU PACET SAAT DI HUTAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.