Laman

PENANGANAN DARURAT UNTUK PENDERITA DEHIDRASI


Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh yaitu kondisi dimana cairan yang keluar lebih banyak dari pada cairan yang masuk. Dehidrasi yang sering terjadi misalnya karena haus atau bisa juga terjadi karena sengatan matahari saat cuaca panas, olahraga yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab dehidrasi, bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diare atau akibat dari efek samping mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Pada kondisi yang sudah sangat berat dehidrasi bisa berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga bisa mengancam jiwa.  Salah satu gejala dehidrasi parah adalah pingsan. Untuk yang suka aktivitas outdoor ada baiknya minum banyak air sebelum melakukan kegiatan jangan tunggu haus.

GEJALA SAAT DEHIDRASI

- Haus dan mulut kering
- Warna urine lebih pekat dan gelap
- Frekuensi buang air kecil menurun
- Denyut jantung cepat tetapi lemah
- Tekanan darah rendah
- Sangat pusing dan mengantuk
- Kesadaran menurun

PENANGANAN DARURAT UNTUK PENDERITA DEHIDRASI

Satu – satunya pengobatan untuk dehidrasi adalah mengganti cairan dan mineral yang hilang dengan cara minum banyak air atau juss buah encer. Oralit adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi dehidrasi, konsumsi sesuai petunjuk penggunaan. Saat mengalami dehidrasi tubuh akan kehilangan gula, garam dan cairan, oralit dapat mengembalikan keseimbangan kadar gula, garam dan cairan dalam tubuh. Selain oralit ada banyak produk dehidrasi yang bisa dibeli secara bebas, ada baiknya selalu sediakan di kotak P3K anda. Untuk dehidrasi parah harus segera di bawa ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, dehidrasi parah harus diatasi dengan pemberian carian melalui impus tidak dapat ditangani sendiri.

Buah-buahan dan sayuran-sayuran juga bagus untuk mengatasi dehidrasi, misalnya air kelapa yang lebih efektif menyembuhkan dehidrasi daripada air putih biasa. Selain itu ada buah pisang, kandungan air pada pisang mencapai 75 persen, pisang juga kaya kalium dan mineral yang cenderung berkurang seiring dehidrasi bertambah. Buah-buahan dan sayuran lainnya yang baik untuk mengatasi dehidrasi adalah semangka, tomat, anggur, melon, apel, timun, brokoli dan lain-lain.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT UNTUK PENDERITA DEHIDRASI ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.