Laman

PENGGUNAAN HARNESS DALAM PANJAT TEBING


Salah satu peralatan yang sangat penting dalam olahraga panjat tebing adalah harness, kecuali untuk jenis pemanjatan Bouldering dan Free Solo Climbing selain dari dua jenis tersebut semua menggunakan harness dalam setiap kegiatannya. Hingga saat ini ada banyak merek harness di pasaran dengan berbagai jenis dan standarisasi untuk beragam keperluan. Harness tidak hanya dipakai dalam kegiatan panjat tebing saja tetapi juga untuk berbagai keperluan lainnya terutama menyangkut dengan kegiatan di ketinggian seperti rope access, vertical rescue, susur goa (caving) atau kegiatan seperti flying fox, tyrolean dan lain sebagainya.

DIFINISI DAN FUNGSI HARNESS

Harness adalah salah satu perlengkapan untuk kegiatan diketinggian, alat ini digunakan sebagai penghubung antara tubuh dengan tali pengaman, jadi fungsi harness adalah agar si pemanjat tetap terhubung dengan tali pengaman utama saat terjatuh. Selain itu harness juga bisa difungsikan sebagai tempat meletakkan peralatan lain yang digunakan dalam proses pemanjatan.

BAGIAN – BAGIAN DARI HARNESS


Bagian – bagian dari harness :
1. Waist Belt (Sabuk Pinggang)
2. Legs Loop (Tali lingkar Paha)
3. Belay Loop (Tali melingkar untuk Belay)
4. Gear Loop (Tali melingkar untuk penggantung peralatan)
5. Buckles (Penggunci Logam)

BAHAN PEMBUATAN HARNESS

Harness terbuat dari webbing yaitu dari bahan nylon hight strength, kekuatannya mencapai 1.5 ton. Busa pad pada harness terbuat dari bahan breathable sehingga sangat nyaman digunakan walau dalam waktu yang lama.  

JENIS – JENIS HARNESS

Harness terbagi tiga yaitu seat harness (harness duduk), Chest Harness (harness dada) dan full body harness. Oleh karena pemakaian Chest harness harus dikombinasikan dengan pemakaian seat harness maka secara umum hanya dikenal dua jenis harness yaitu :

SEAT HARNESS


Seat harness sering digunakan pada kegiatan olahraga diketinggian seperti panjat tebing karena memang dirancang untuk mereka yang sudah tahu betul dengan resiko berkegiatan diketinggian, dengan kata lain seat harness dipakai oleh mereka yang sudah paham betul bahwa terjatuh adalah bagian dari kegiatan memanjat. Harness jenis ini menyalurkan hentakan ke bagian tubuh yang kuat yaitu paha kaki. Harness ini sangat simple hanya melingkar dipinggang jadi tidak akan mengganggu pergerakan saat memanjat, kekurangannya adalah dengan harness jenis ini kemungkinan terjatuh dengan posisi kepala kebawah sangat besar.

FULL BODY HARNESS


Full body harness dirancang sebagai perlengkapan untuk bekerja di medan – medan yang sulit di ketinggian seperti rope access juga dipakai untuk aktivitas vertical rescue, harness jenis ini melingkar mulai dari bahu hingga pinggang sehingga kemungkinan untuk jatuh dengan posisi kaki tetap dibawah. Full body harness bisa menahan tekanan jatuh lebih baik dari seat harness. 

Untuk bekerja di ketinggian penggunaan harness jenis ini sangat diawasi penggunaannya, harus menggunakan full body harness (EN-361) pemakaiannya harus sesuai prosedur penggunaan yang aman, sesuai undang-undang, legalisasi, regulasi dan standarisasi setiap perusahaan. Pemeriksaan selalu dilakukan sebelum dan sesudah pemakaian dan pemeriksaan safety harness minimal 6 bulan sekali. Namun untuk olahraga panjat tebing, harness jenis ini biasa hanya digunakan untuk anak-anak mengingat bentuk pinggang mereka yang belum menonjol sehingga dikhawatirkan terlepas jika menggunakan seat harness. 

JENIS HARNESS UNTUK PANJAT TEBING

Seperti yang telah dijelaskan diatas, harness yang digunakan dalam panjat tebing umumnya adalah jenis seat harness karena lebih simple dan tetap memenuhi standar keamanan khususnya dalam olahraga di ketinggian. Seat harness sendiri dalam kegiatan panjat tebing terbagi dua yaitu :

ADJUSTABLE SEAT HARNESS


Adjustable seat harness adalah jenis seat harness yang bagian lingkar pahanya (legs loop) bisa disesuaikan tergantung ukuran paha sipengguna, stelan ini juga dipergunakan untuk keperluan lainnya. Harness jenis ini biasa digunakan dalam pemanjatan yang membutuhkan waktu lama seperti big wall climbing.

NON ADJUSTABLE SEAT HARNESS


Untuk seat harness jenis ini, ukuran tali pada lingkar paha (legs loop) sudah permanen jadi tidak bisa diubah lagi. Harness jenis ini lebih bersifat personal karena ukuran lingkar paha (legs loop) sesuai dengan ukuran paha masing-masing penggunanya. Umumnya harness jenis ini banyak digunakan untuk sport climbing.

JENIS HARNESS UNTUK SUSUR GOA (CAVER)

Selain mengetahui jenis harness dalam panjat tebing, ada baiknya anda mengetahui  juga beberapa jenis harness yang dipakai untuk kegiatan susur goa antara lain : 

AVANTI

CROLL


RAPIDE


FRACTIO


TIPS MEMILIH HARNESS

Dalam olahraga panjat tebing penggunaan harness sebenarnya bersifat personal karena biasanya dipakai dalam waktu yang lama dalam sebuah pemanjatan oleh karena itu harness haruslah dipilih yang paling sesuai sehingga nyaman untuk digunakan, ada beberapa tips dalam memilih harness antara lain :

- Pilihlah harness yang paling sesuai dengan ukuran tubuh 
- Amati dengan teliti kondisi harness sebelum membeli
- Periksa semua fitur yang ada pada harness apakah berfungsi dengan baik
- Pilihlah harness yang berkualitas tinggi

PEMERIKSAAN KONDISI HARNESS

Ada dua cara memeriksa harness sebelum digunakan yaitu dengan :

Visual Chek : Memeriksa menggunakan penglihatan langsung, biasa untuk tanda-tanda kerusakan yang nyata seperti kerusakan tali yang sobek, sambungan yang patah atau bengkok, jahitan yang terburai dan lain sebagainya.

Tactile Chek : Memeriksa dengan menyentuh dengan tangan, biasanya untuk memeriksa kerusakan yang terlewat dengan visual chek.

CARA MERAWAT HARNESS

Agar awet dan bisa dipakai dalam waktu yang lama, harness haruslah dirawat dengan benar, menurut penulis merawat harness tidaklah sesulit merawat tali atau sepatu panjat, yang perlu diperhatikan dalam perawatan harness adalah :

- Harness tidak boleh dipakai untuk beban yang berlebihan
- Jauhkan harness dari bahan yang mudah terkonkaminasi seperti oli dll
- Gesekan butiran pasir dalam serat harness dapat merusak harness
- Selalu bersihkan harness selesai digunakan
- Simpan harness di tempat kering dan sejuk

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENGGUNAAN HARNESS DALAM PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.