Laman

PELATIHAN RESCUE KEBENCANAAN (VERTICAL RESCUE) TAHUN 2018 ACEH


Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya bidang Vertical Rescue di Aceh, Dinas Sosial Aceh dan FPTI Pengprov Aceh mengadakan Pelatihan Rescue Kebencanaan dengan peserta terdiri dari unsur DINAS SOSIAL, TAGANA, FPTI dan MAPALA yang ada di Provinsi Aceh. Kegiatan itu sendiri diadakan di Royal Hotel Idi dan untuk prakteknya diadakan di Venue Sport Climbing Idi Kabupaten Aceh Timur.


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Alhudri Kepala Dinas Sosial Aceh, kata sambutan juga disampaikan oleh M. Saleh sebagai Ketua Umum FPTI Pengprov Aceh. Kepala Dinas Sosial Aceh sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan akan terus mengupayakan agar kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini tetapi akan terus berlangsung untuk kedepannya. 

Salah satu tujuan kegiatan "Pelatihan Rescue Kebencanaan Tahun 2018" ini adalah untuk mempersiapkan SDM Vertical Rescue di Aceh sebagai relawan kebencanaan yang siap menghadapi berbagai bencana baik di daerah maupun Nasional serta menghasilkan anggota vertical rescue yang bersertifikasi nasional. Kegiatan ini juga bagian tak terpisahkan dari Program Nasional dan Aceh, FPTI tahun 2018.


Adapun para pemateri dalam kegiatan ini adalah orang - orang yang sangat berkompetisi dan ahli di bidangnya, yang terdiri dari nara sumber pusat, propinsi dan kabupaten. Untuk materi Pengantar Managemen Kebencanaan disampaikan langsung oleh Yanyan Rahmat (Kepala Seksi Pelindungan Sosial Korban Bencana Alam) dari Dinas Sosial Aceh. Nara sumber dan tenaga ahli dari Pusat yaitu Sofyan Rahmat, Setyo Dibyo Purnomo dan Deden Wahyudi, dan Mahdi Ismail sebagai narasumber dari Kabupaten.

Para peserta Pelatihan Rescue Kebencanaan Tahun 2018 terdiri dari utusan Dinas Sosial Kabupaten, TAGANA Propinsi dan Kabupaten, Pengprov dan Pengcab FPTI Aceh serta dari MAPALA (Mahasiswa Pencinta Alam) Aceh dengan jumlah peserta 46 orang. Pada kegiatan kali ini para peserta mendapat pembekalan dasar meliputi pengenalan alat, simpul, teknik menjangkau korban serta teknik evekuasi korban.

BACA JUGA : KEMAMPUAN TEKNIK DASAR DALAM VERTICAL RESCUE




Senada dengan Kepala Dinas Sosial Aceh hal yang sama juga diharapkan oleh para peserta agar kegiatan ini akan terus berlanjut untuk kedepannya. Tarmizi selaku Koordinator TAGANA Aceh yang juga sebagai peserta Pelatihan sangat antusias dan sangat mendukung serta akan terus memberdayakan para peserta yang telah memiliki bekal Vertical Rescue ini untuk bisa terus berperan dalam berbagai kegiatan dan misi kemanusiaan.


Penyerahan Sertifikat

Foto Bersama Seluruh Anggota dan Pelaksana

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut dimulai tanggal 8 Sebtember hingga 11 Sebtember 2018 berjalan dengan lancar. Hal ini tak lepas dari dukungan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini terutama panitia pelaksana yang telah bekerja keras selama acara berlangsung.


Galery Photo:














PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PELATIHAN RESCUE KEBENCANAAN (VERTICAL RESCUE) TAHUN 2018 ACEH ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

1 komentar:

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.