Laman

FUNGSI JENIS DAN MEREK SEPATU PANJAT TEBING KELAS DUNIA


SEPATU PANJAT TEBING

Dalam olahraga panjat tebing, sepatu panjat merupakan hal pertama dan utama yang harus dimiliki oleh setiap pemanjat. Sehebat apapun teknik memanjat anda atau sekeren apapun gear (harness, tali, grigri,dll) yang anda miliki tapi kalau manjat masi telanjang kaki sungguh tertalu. Hal ini dikarenakan sepatu panjat dibuat bukan hanya untuk melindungi kaki tetapi juga untuk memaksimalkan fungsi kaki saat memanjat. Sekecil apapun pijakannya akan mudah dengan menggunakan sepatu panjat.

FUNGSI SEPATU PANJAT TEBING

Secara umum fungsi sepatu panjat ada tiga antara lain :

PELINDUNG KAKI

Sebagaimana diketahui fungsi sepatu umumnya adalah sebagai pelindung kaki, begitu juga pada panjat tebing, sangat tidak disarankan memanjat tanpa menggunakan sepatu, anda harus melindungi kaki dari permukaan tebing yang runcing atau tajam yang bisa saja mencederai kaki sehingga mengganggu proses pemanjatan. 

MEMAKSIMALKAN FUNGSI KAKI

Kaki memiliki peran yang sangat besar dalam proses memanjat, bahkan memanjat yang benar adalah yang menggunakan kaki untuk menambah ketinggian bukannya tangan dan salah satu fungsi sepatu adalah untuk memaksimalkan fungsi kaki. Dengan menggunakan sepatu hampir semua bagian dari kaki bisa difungsikan untuk memanjat bahkan di pijakan yang kecil sekalipun.

PROFESIONALISME

Selain dua fungsi diatas, memanjat menggunakan sepatu jelas tampak lebih professional dari pada tanpa sepatu, bahkan bagi seorang pemanjat professional memiliki lebih dari satu sepatu panjat yang digunakan sesuai dengan jenis pemanjatan dan karakter tebing yang akan dipanjat. Bagi pemanjat pemula memiliki sepatu panjat juga menunjukan seberapa serius anda dengan olahraga ini.


JENIS - JENIS SEPATU PANJAT TEBING

Berdasarkan kategorinya sepatu dalam olahraga panjat tebing terbagi dua yaitu :

ALL PURPOSE

Sepatu yang di design untuk berbagai medan pemanjatan seperti crack climbing, edging ataupun smearing, lebih sering digunakan untuk pamanjatan tebing alam. Sepatu jenis ini menutup hingga mata kaki sehingga bisa melindungi kaki dan sangat nyaman untuk digunakan. 

HIGH PERFORMANCE

Sepatu jenis ini di design untuk kompetisi panjat tebing ataupun untuk rute-rute pemanjatan yang sulit pada sport climbing. Sepatu ini dibuat pendek dan ringan jadi sangat membantu saat melakukan gerakan-gerakan yang sulit saat pemanjatan.

BERDASARKAN MODELNYA SEPATU PANJAT DI BAGI 4 YAITU :

- Lice – Up (sepatu yang menggunakan tali sebagai pengikat)
- Slipper/slip – on (menggunakan karet yang sesuai dengan bentuk kaki)
- Velcro (menggunakan perakat)
- Zipper (menggunakan resleting)

BERDASARKAN KONTRUKSINYA SEPATU PANJAT DIBAGI MENJADI 2 YAITU :

- Slip Lasted (Bentuknya pendek, sangat fleksibel dan sensitive)
- Board Lasted (Bentuknya tinggi termasuk bagian bawahnya, sangat melindungi kaki)

CARA MEMILIH SEPATU PANJAT TEBING

Dipasaran sangat banyak jenis sepatu panjat dengan berbagai tipe dan model, oleh karena itu ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan tetapi yang paling penting adalah :

Memilih sepatu sesuai dengan medan pemanjatan, yaitu yang paling anda minati, medan pemanjatan dalam olahraga ini terbagi dua yaitu tebing alam (adventure climbing) dan tebing buatan (sport climbing). Pilihlah yang paling sesuai dengan minat anda. 

Selanjutnya pilih sepatu yang sesuai dengan jenis pemanjatan yang anda lakukan, kalau anda lebih sering bouldering maka pilihlah sepatu yang sesuai dengan jenis pemanjatan tersebut begitu juga dengan lead atau speed, karena hal ini sangat mempengaruhi model dari sepatu panjat yang akan anda pilih. Bertanya kepada yang sudah expert akan sangat membantu.

Kalau memungkinkan coba dulu berbagai jenis sepatu panjat dengan berbagai merek saat latihan atau sewa bila perlu, hal ini sangat membantu untuk mengetahui detail karakter dari berbagai sepatu sebelum anda menentukan pilihan.

Sesuaikan dengan ukuran kaki anda, cari yang benar-benar ketat tapi tidak membuat sakit pada kaki. Biasanya turun 1 atau ½ dari ukuran sapatu normal anda. Untuk sepatu high performa ujung kaki harus menekuk sedikit dan menyentuh bagian muka sepatu. Setiap merek sepatu mungkin memiliki system penomeran yang berdeda-beda, Kalau membeli melalui pemesanan online ada baiknya mencoba dulu sepatu teman lain yang sesuai dengan ukuran anda, dengan memperhatikan nomer masing-masing merek. 

Pilih merek sepatu yang sudah memiliki reputasi, umumnya produk luar negeri walau mahal tetapi anda dijamin tak akan kecewa dalam waktu yang lama. Terakhir belilah ditoko yang terpercaya, jeli dalam memilih toko apalagi secara online.


CARA MERAWAT SEPATU PANJAT TEBING

Agar sepatu awet dan selalu nyaman saat digunakan ada baiknya anda harus memperhatikan hal – hal berikut :

Setiap selesai digunakan sepatu akan lembab bahkan basah karena keringat atau air, maka harus segera dibersihkan dengan lap yang halus lalu di keringkan di tempat tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini penting agar sepatu tidak berjamur dan menjadi sarang bakteri. Untuk menghilangkan bau pada sepatu sesekali semprotlah dengan penghilang bau atau yang biasa digunakan pada helm.

Simpanlah sepatu di tempat yang kering dan sejuk, jangan menyimpan ditempat bertemperatur panas tinggi seperti bagasi mobil karena akan merusak bagian sepatu yang terbuat dari karet juga bisa melemahkan daya rekat lem pada sepatu. Jangan juga menyimpan sepatu ditempat yang sesak karena akan merusak bentuk serta komponen sepatu. 

Untuk membersihkan sepatu panjat gunakan kain basah untuk bagian sol sepatu, sedangkan untuk menghilangkan debu, pasir atau lumbur gunakan sikat halus, sikat dengan lembut jangan sampai merusak komponen sepatu.

BEBERAPA MEREK SEPATU PANJAT TEBING KELAS DUNIA

Setiap perusahaan pasti memiliki teknologi yang berbeda-beda dalam membuat produknya menjadi yang terbaik dipasaran. Secara umum, untuk sepatu panjat yang menjadi perbedaan antara satu produk dengan produk lainnya terletak pada teknologi bagian tapak (sol) yang dirancang dengan material khusus seperti halnya teknologi ban pada sepeda motor untuk balapan. Berikut beberapa merek sepatu paling populer dan paling sering dipakai oleh pemanjat kelas dunia, antara lain :


LA SPORTIVA

Merek sepatu ini bisa dikatakan sebagai merek nomer 1 didunia kalau dilihat dari banyaknya pemakai terutama oleh atlet kelas dunia seperti Adam Ondra, Aiko Naguchi, Anna Sthor dan beberapa lagi yang lain untuk kompetisi tingkat dunia. Sepatu ini berasal dari pabrikan yang berada di Itali. Banyak pemanjat lokal maupun internasional yang mengakui sol sepatu ini lebih tahan lama dan memiliki friksi yang sangat bagus, baik digunakan di tebing alam maupun buatan. Seri yang paling populer antara lain La Sportiva Solution, La Sportiva Miura, La Sportiva Cobra.


FIVETEN (5.10)

Sepatu yang berasal dari Amerika ini paling banyak di gunakan oleh pemanjat Indonesia, untuk pemanjat kelas dunia sepatu ini juga sering dipakai oleh Crish Sharma, Daniel Wood, Dave Graham dan Dani Andrada. Seri yang paling populer antara lain Fiveten Dragon, Fiveten Jet7, Fiveten Galileo.


EVOLV

Perusahaan yang khusus memproduksi peralatan panjat seperti sepatu, chakbag, Crashpad. Produk ini banyak dipakai oleh pemanjat dari Amerika. Bahkan beberapa dari seri sepatu ini langsung di design oleh Chris Sharma. Beberapa seri sepatu yang paling populer untuk merek ini antara lain Evolv Prime, Evolv Shaman, Evolv Pontas.
BOREAL

Boreal merupakan perusahaan perlengkapan outdoor yang berasal dari Amerika, Perusahaan ini tidak hanya memproduksi sepatu panjat tetapi juga sepatu tracking, backpack juga sepatu sport. Produk sepatu panjat dari perusahaan ini banyak menawarkan pilihan sepatu untuk berbagai karakter pemanjatan. Beberapa seri yang paling populer antara lain Boreal Krypto, Boreal Strom, Boreal, Blade. 


MADROCK

Perusahaan yang katanya anak perusahaan dari Fiveten ini mulai berdiri sejak tahun 2002, perusahaan ini khusus memproduksi peralatan panjat tebing seperti sepatu, carabiner, sling, figure of eight dan lain sebagainya. Beberapa seri sepatu yang paling populer dari merek ini antara lain Madrock Mugen, Madrock Demon, Madrock Conflict.


SCARPA

Sepatu yang berasal dari UK ini khusus memproduksi sepatu. Saat ini perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1938 ini tidak hanya memproduksi sepatu panjat tebing tetapi juga sepatu untuk kegiatan alam bebas lainnya seperti sepatu untuk mountainnering, tracking juga sepatu untuk sky. Beberapa seri sepatu yang paling populer dari merek ini adalah Scarpa Force, Scarpa Instict.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel FUNGSI JENIS DAN MEREK SEPATU PANJAT TEBING KELAS DUNIA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.