Laman

PACKING CARRIER BERDASARKAN KEBUTUHAN SAAT MENDAKI GUNUNG


Ada rule yang menjadi standar saat akan packing barang ke dalam carrier, rule tersebut tentunya dibuat untuk memudahkan anda dalam mengambil peralatan tersebut saat dibutuhkan. Bahkan dikalangan pendaki, packing adalah seni. Dimana setiap pendaki memiliki caranya sendiri agar semua perlengkapan mudah untuk dimuat dan dibongkar dengan tetap tidak meninggalkan rule yang benar saat packing.

Packing perlengkapan mendaki dengan benar memiliki beberapa tujuan antara lain agar :

- Barang bawaan terlindungi dengan aman, seperti tidak basah saat terkena air
- Mudah diambil saat dibutuhkan
- Carrier tetap nyaman di punggung saat dipakai

Untuk tujuan tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat packing perlengkapan mendaki, antaral lain :

BUAT LIST PERLENGKAPAN

Setiap ingin mendaki pasti banyak barang yang akan dibawa oleh karena itu buat list perlengkapan, mulai dari perlengkapan pribadi, kelompok dan juga logistik selama pendakian. Hal ini untuk memastikan barang apa saja yang dibawa dan masuk ke dalam carrier ataupun untuk mengetahui kalau ada barang yang tidak jadi dibawa.

SESUAIKAN DENGAN KAPASITAS CARRIER

Perhatikan kapasitas carrier karena anda tidak mungkin membawa banyak perlengkapan jika kapasitas carrier kecil. Sesuaikan barang bawaan anda dengan kapasitas carrier, bawa hanya barang – barang terpenting saja sesuai skala preoritas.

BERI PERLINDUNGAN BARANG AGAR TAHAN AIR

Setelah barang terkumpul sesuai list, selanjutnya beri pelindung anti air ke setiap item barang tadi, kalau tidak punya drybag bisa dibungkus dengan plastik kresek sesuai ukuran barang. Misalnya pakaian ganti di bungkus dalam 1 plastik kresek dan pastikan tidak bocor begitu juga dengan  sleeping bag, logistik dan yang lainnya terutama barang yang tidak boleh basah.

LAPISI BAGIAN DALAM CARRIER DENGAN PLASTIK

Selanjutnya perlakuan untuk carrier sebelum dimasukan barang adalah terlebih dahulu melapisi carrier bagian dalam dengan plastik besar seperti trashbag, pastikan plastik tidak boleh bocor. Tujuannya untuk menjaga carrier agar tidak basah saat terkena rembesan air selama perjalanan. Bahkan di kondisi tertentu bisa tetap mengapung saat menyeberang sungai.

BERI MATRAS SEBAGAI FRAME CARRIER

Setelah dilapisi plastik selanjutnya di isi matras kedalamnya dengan melingkar mengikuti besar lingkaran carrier. Tujuannya agar carrier lebih tegak dan kokoh sehingga lebih mudah dalam mengisi barang kedalamnya, dari pada meletakkan matras di luar samping, atas atau bawah carrier yang tak berfungsi dan cenderung menyulitkan perjalanan saat harus melewati semak-semak yang rapat.

SUSUN BARANG SESUAI PREORITAS

Tahap terakhir adalah memasukkan semua barang kedalam carrier, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun barang yang akan dimasukan ke dalam carrier antara lain :

- Utamakan pemempatan barang berasarkan preoritas kebutuhan, yaitu barang yang paling sering dipakai di posisi paling atas, lalu tengah dan yang paling jarang dipakai di paling bawah. Untuk barang yang berat dimanapun posisinya usahakan ditempatkan terdekat dengan punggung atau melempel dengan punggung baru diikuti barang lebih ringan  disisi menjauhi punggung.

- Carrier harus seimbang, saat mengisi barang usahakan carrier harus tetap seimbang tujuannya agar anda tetap nyaman saat membawa carrier. Tes keseimbangan carrier tidak sulit, cukup dengan membuat carrier berdiri tanpa disandarkan jika miring ke satu arah sebaiknya atur ulang barang bawaan, namun terkadang tetap tegak pun belum tentu seimbang coba pukul ringan carrier jika mudah sekali miring ke satu arah bisa jadi juga carrier belum seimbang.

BAWA TAS KECIL

Tas kecil sangat bermanfaat untuk meletakkan barang – barang berharga seperti ponsel, dompet, camera dan sebagainya, selain itu tas ini juga sangat berguna untuk summit attack sebagai tempat mengisi barang – barang yang penting saja seperti air, First aid dan sebagainya.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PACKING CARRIER BERDASARKAN KEBUTUHAN SAAT MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.