Laman

KARAKTER TEMAN YANG PALING SESUAI UNTUK DI AJAK MENDAKI GUNUNG


Cara memilih teman yang paling sesuai dengan keinginan anda adalah sebelumnya anda harus paham dulu dengan tingkat kemampuan anda sendiri baik fisik maupun tingkat keahlian mendaki, selanjutnya tergantung jenis pendakian yang anda rencanakan. Setelah itu barulah anda bisa menentukan teman yang paling sesuai atau lebih tepatnya yang paling anda butuhkan dalam mendaki. Menurut penulis ada satu poin paling penting yang perlu anda ketahui saat memilih teman untuk dijadikan patner mendaki yaitu mengetahui karakter dari teman tersebut. Dibawah ini penulis akan membahas khusus hanya masalah tersebut.

PENTINGNYA MENGETAHUI KARAKTER TEMAN YANG AKAN DIJADIKAN PATNER DALAM MENDAKI

Ada banyak sekali tipe dari pendaki, itulah mengapa memilih teman yang paling sesuai sangatlah penting, agar saat mendaki tidak terjadi konflik, karena banyak juga cerita yang sebelum mendaki hubungan sangat akrab setelah mendaki menjadi renggang malah cenderung saling menghindar, Padahal secara fisik dan pengalaman bisa dikatakan setara. Oleh sebab itu selain seimbang secara fisik dan pengalaman, mengetahui karakter calon patner juga tidak kalah penting.

Dalam memilih teman harus juga bisa saling menutupi kekurangan. Misalnya secara fisik teman anda tidak sekuat anda tetapi anda mengakui kalau teman anda punya keahlian PPGD atau Navigasi diatas kemampuan anda, menurut penulis dalam hal ini punya patner dengan kekuatan fisik seimbang bukan lagi preoritas utama.

Karakter disini mencakup tingkah laku atau kebiasaan saat mendaki dan juga tingkat keahlian yang dimiliki oleh calon patner anda. Sangat disarankan untuk memilih teman yang tidak bertentangan dengan sifat anda. Misalnya memilih teman yang secara fisik diatas anda tetapi pemalas malah akan membuat anda emosi, ataupun teman yang punya keahlian diatas anda tetapi hobi memerintah juga sangat membuat tidak nyaman.


Kalau anda seorang pendaki yang sudah cukup berpengalaman mungkin untuk mendaki gunung yang tidak memakan waktu lama dengan jalur tingkat pemula anda bisa saja memilih teman dibawah kemampuan anda baik secara fisik dan keahlian dengan catatan pastinya calon patner punya kelebihan lain seperti modal atau dia yang punya perlengkapan outdoor lengkap atau berbagai pertimbangan lainnya, walaupun anda yang menyiapkan segala kebutuhan temanpun tidak masalah.

Tetapi saat anda punya rencana mendaki gunung yang setara kemampuan atau bahkan diatas kemampuan anda tentu memilih patner tidak bisa dengan pertimbangan sederhana seperti contoh diatas. Begitu juga untuk pendaki pemula sebaiknya pilih patner yang lebih berpengalaman jangan malah memilih yang setara (sama-sama pemula). Terkadang sedikit sulit untuk menemukan patner yang benar - benar cocok untuk mendaki, sahabat sendiripun bisa jadi renggang saat sifat aslinya benar-benar muncul saat mendaki. Sebaliknya yang baru pertama bertemu saat digunung malah bisa langsung akrab melebihi saudara sendiri. Itulah gunung dengan sejuta rahasia dan pesonannya.

Oleh karena itu dalam memilih patner untuk mendaki selain pertimbangan yang sudah umum seperti kemampuan fisik dan keahlian mendaki penting juga untuk mengetahui karakter teman tersebut, teman terbaik biasanya tidak jauh – jauh dari teman satu genk atau komunitas yang pernah merasakan pahit manisnya mendaki bersama walau tidak tertutup kemungkinan teman baru kenalpun bisa menjadi patner terbaik anda untuk mendaki gunung.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel KARAKTER TEMAN YANG PALING SESUAI UNTUK DI AJAK MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.