Laman

TINDAKAN DARURAT SAAT TERJADI LUKA BAKAR


Luka bakar (Combustio) adalah suatu bentuk kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabkan adanya kontak dengan sumber panas seperti api, logam panas, zat kimia, listrik, radiasi dan lain sebagainya. Luka bakar terbagi tiga tingkat yaitu ringan, sedang dan berat.

Tingkat I atau luka bakar ringan hanya terjadi pada bagian epidermis kulit atau bagian terluar kulit, berwarna kemerahan terdapat gelembung yang ditutupi oleh daerah putih dan tidak mengandung pembuluh darah. Luka bakar tingkat I bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tampa bekas.

Tingkat II atau sedang bisa bersifat dangkat atau dalam, kerusakan terjadi pada lapisan pertama sampai kedua kulit. Biasanya luka bakar ini ditandai dengan kulit melepuh, kulit memerah, serta nyeri dan terjadi pembengkakan. Masa penyembuhan lebih lama dan diperlukan tindakan serta akan meninggalkan cacat seperti parut (keloid).

Tingkat III atau berat, pada tingkat ini luka lebih dalam dan lebih berat hampir seluruh bagian kulit terkena trauma, bila kulit yang terbakar tidak segera diangkat akan menimbulkan cacat.
Untuk luka bakar ringan bisa melakukan proses penyembuhan sendiri untuk tingkat sedang memerlukan tindakan serta pengawasan lebih intensif sedangkan untuk luka bakar berat segera bawa ke rumah sakit.

TINDAKAN DARURAT SAAT TERJADI LUKA BAKAR RINGAN DAN SEDANG

1. Dinginkan luka bakar dengan air (bukan air es) yang mengalir selama 10 menit atau sampai rasa nyeri mereda. Tujuannya agar kerusakan lebih dangkal dan dapat diperkecil. Namun harus diperhatikan cara ini tidak boleh dipraktekkan pada luka jaringan yang lebih luas karena bisa menyebabkan hippothermia pada korban.

2. Tutup luka dengan perban, jangan gunakan perban dari kapas atau bahan lain yang bisa menempel di luka. Ikatanpun jangan terlalu ketat untuk mencegah tekanan berlebih pada luka.

3. Setelah pertolongan pertama diberikan segera bawa korban kerumah sakit terdekat.

4. Untuk luka bakar ringan tidak perlu di tutup, dan akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, oleskan salap yang mengadung aloevera pada luka, mengurangi rasa nyeri bisa minum obat anti nyeri seperti parasetamol.

Untuk luka bakar berat tingkat III segera panggil unit gawat darurat atau ambulance, sambil menunggu bantuan datang, tindakan darurat untuk luka bakar bisa dilakukan dengan begitu anda bisa mengurangi dampak kerugian bagi kesehatan dikemudian hari.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN DARURAT SAAT TERJADI LUKA BAKAR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.