Laman

CARA MEMILIH CARRIER YANG TEPAT UNTUK MENDAKI GUNUNG


Carrier atau enaknya disebut keril adalah peralatan utama yang harus dibawa saat mendaki karena semua perlengkapan dan kebutuhan penting pendakian dibawa dalam carrier tersebut. Sebenarnya carrier bukan hanya digunakan untuk mendaki, bisa saja untuk keperluan lain seperti traveling dan sebagainya. Tetapi label ‘pendaki’ akan langsung tersemat saat anda menggunakan carrier.

Ada beberapa tips saat akan membeli carrier untuk aktifitas mendaki atau traveling yang perlu anda pertimbangkan antara lain :

PILIH MEREK TERKENAL

Merek yang sudah terkenal dan disukai oleh banyak pendaki tentu menjadi jaminan dan menjadi pertimbangan saat akan memilih carrier, memang harga akan lumayan mahal tetapi cukup sekali beli dan anda tak akan kecewa dalam waktu yang lama. Brand luar negeri seperti Deuter, Osprey, Salewa menjadi jaminan untuk kualitas, untuk brand local ada Eiger, Consina, Avtech dll juga sudah cukup baik.

LIHAT KAPASITAS CARRIER

Setelah menentukan merek, selanjutnya tentukan kapasitas carrier, kapasitas carrier ditentukan oleh jenis kegiatan dan lama kegiatan rata – rata yang anda lakukan.

Lama Waktu Perjalanan / Kapasitas Carrier (dalam liter)

1-3 malam / 35-50
3-5 malam / 50-80
lebih 5 malam / +80

PERHATIKAN KENYAMANAN SAAT DIGUNAKAN

Ada beberapa parameter untuk kenyamanan menggunakan carrier, seperti anda harus menyesuaikan carrier dengan berat badan, ukuran tubuh terutama punggung, sesuai dengan lingkar pinggang, strap yang kuat dan tidak mudah kendor.  Selain itu carrier juga di desain berdasarkan jenis kelamin, untuk wanita sebaiknya jangan memilih carrier standar tetapi carrier dengan label women series karena sudah didesain sesuai anatomi tubuh wanita.

PERHATIKAN KELENGKAPAN FITUR

Pilih carrier yang memiliki fitur lengkap, seperti tempat khusus sleeping bag, tempat rain cover, memiliki beberapa kantong untuk penyimpanan dan yang tak kalah penting pilih sesuai gaya anda agar persentase ketamvanan anda kian meroket.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA MEMILIH CARRIER YANG TEPAT UNTUK MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.