Laman

TIPS FOTOGRAFI UNTUK PARA PETUALANG


Beruntung bagi anda yang punya jiwa petualang sekaligus menyukai dunia fotografi, karena banyak juga petualang yang tidak terlalu peduli dengan hal ini, padahal fotografi bukanlah hal rumit yang kalau digeluti akan membuat kegiatan petualangan terganggu. Bagi penulis justru fotografi membuat setiap petualangan menjadi lebih bermakna. Anda akan lebih mudah menyampaikan pesan kepada orang lain dengan gaya anda sendiri melalui fotografi. Bahkan banyak traveler yang justru bisa terus melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat kece lainnya dari hasil menjual foto-foto tempat  yang sudah dikunjunginya.

Di era digital sekarang ini fotografi bukan lagi sebuah hobby mewah untuk digeluti, siapapun bisa belajar fotografi.  Sangat disayangkan jika jam terbang travelingnya tinggi tetapi semua pengalaman dan pelajaran yang bisa jadi sangat bermanfaat bagi orang banyak hanya tersimpan di kepala, foto minim, ditambah lagi tak punya keinginan untuk menulis. Mungkin ini yang namanya pengalaman yang dibawa mati, walaupun mati tak butuh pengalaman.

Bagi seorang traveler atau petualang, belajar fotografi bukan berarti menjadi fotografer handal (walau peluang kearah tersebut bisa sangat besar) tetapi sekedar untuk bisa mendokumentasikan hal-hal yang dianggap penting sesuai dengan yang dibayangkan atau direncanakan itu sudah cukup. Jangan sampai realita tak sesuai dengan ekspektasi.


Bagi anda yang punya hobi jalan-jalan berikut beberapa tips fotografi agar dokumentasi perjalanan anda lebih berkesan :

KENALI KAMERA ANDA

Lebih tepatnya kenali batas kemampuan kamera anda, pelajari semua hal teknisnya, jangan hanya puas dengan tombol power dan tombol shutter nya saja. Dengan menguasai seluk beluk kamera, anda akan bisa memaksimalkan hasil foto sesuai dengan kemampuan kamera. Apapun jenis kamera anda baik itu DSLR ataupun Poket. Selebihnya tergantung kreatifitas anda dalam menyiasati keterbatasan kamera yang anda punya.

EKSPLORASI DAERAH SETEMPAT

Nature Culture Adventure, seperti kalimat tersebut petualangan itu bukan hanya soal alam atau sebatas melakukan hobi yang anda sukai di daerah tersebut. Budaya setempat juga sangat menarik untuk diabadikan, untuk yang satu ini jangan segan bertanya dan berbaur dengan penduduk setempat, bertanya tentang hal-hal unik di daerah tersebut, dengan begitu anda akan tahu kapan saat terbaik untuk mengabadikan moment tersebut.

TAK PERLU BANYAK EFEK

Jangan pernah menggunakan fitur menambah efek yang ada pada kamera untuk hasil foto anda, biarkan hasil foto alami, kalau ingin memberi efek lebih baik menggunakan software olah foto saat proses editing nanti.

AMBIL BANYAK FOTO

Kalau anda melihat sebuah foto yang sangat bagus hasil bidikan fotografer handal, percayalah foto itu tidak dihasilkan dari sekali bidik. Terkadang untuk satu objek foto, anda harus mengambil beberapa kali dengan komposisi atau angle yang berbeda-beda untuk selanjutnya dipilih mana yang terbaik untuk ditampilkan. Kalau hanya satu foto menurut penulis itu bukan foto terbaik anda, karena terbaik adalah hasil dari perbandingan minimal dua foto.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TIPS FOTOGRAFI UNTUK PARA PETUALANG ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.