Laman

LOKASI PANJAT TEBING KURI KETAPANG KALIMANTAN BARAT

Source Photo Google Map
Tebing Kuri berada di Kabupaten Ketapang tepatnya sebelah selatan Kalimantan Barat. Tebing ini menjulang tinggi sangat cocok sebagai lokasi panjat tebing, dan kian populer dikalangan pemanjat baik oleh pemanjat dikawasan tersebut maupun pemanjat dari luar daerah.  Untuk saat ini selain telah ada jalur panjat, di tebing tersebut juga telah tersedia jalur untuk mendaki (hiking) yang banyak di datangi oleh kalangan masyarakat terutama di hari – hari libur.

LETAK LOKASI TEBING KURI KETAPANG KALBAR

Lokasi tebing kuri terletak di Desa Sinar Kuri Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi tebing ini tidak jauh dari lokasi tebing Bukit Batu Daya yang juga merupakan salah satu spot favorit para pemanjat tebing.

AKSES KE LOKASI TEBING KURI KETAPANG KALBAR

Untuk menuju ke Kabupaten Ketapang bisa melalui jalur darat ataupun udara, dengan rute perjalanan sama dengan rute menuju Tebing Bukit Batu Daya karena kedua tebing ini berada di Kabupaten yang sama. Selanjutnya bisa menggunakan kendaraan bermotor dari jalan Trans Kalimantan di kawasan tersebut keelokan tebing kuri ini bisa terlihat dengan jelas. Sebelum memanjat di tebing ini terlebih dahulu harus mengurus perizinan  ke POLSEK, Kepala Desa, Kepala Dusun dan Kepala Adat Desa Setempat.

KARAKTER BATUAN DI TEBING KURI KETAPANG KALBAR

Karakter batuan tebing kuri adalah berjenis batuan andesit.

JALUR PANJAT DI TEBING KETAPANG KALBAR

Tebing kuri terbagi tiga bagian oleh dua crack dan dapat dijadikan jalur pemanjatan menuju puncak tebing. Tebing ini tidak direkomendasikan untuk pemanjat pemula karena memiliki jalur yang terbilang sulit. Menurut Kades setempat Tim panjat tebing dari MAPALA UNTAN menjadi tim pertama yang memanjat di tebing ini, mereka menyelesaikan pemanjatan dengan membuat 1 jalur pemanjatan dengan ketinggian sekitar 130 meter dalam 3 pitch. Saat ini mungkin telah ada beberapa jalur lain di tebing tersebut mengingat tebing ini semakin populer khususnya bagi pencinta olahraga panjat tebing. (Source Mapala Untan)

KOORDINAT LOKASI TEBING KURI KETAPANG DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING KURI KETAPANG KALIMANTAN BARAT ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.