Laman

MENYEDIAKAN FIRE KIT UNTUK SITUASI SURVIVAL

Setelah shelter hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat api, api sangat penting dalam keadaan survival, diantaranya adalah :

- Untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat
- Api bisa mensterilkan air
- Api bisa untuk memasak makanan
- Api juga bisa membuat hewan tidak mendekat
- Dan dengan berada didekat api kita akan merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa takut

Oleh karena itu api menjadi preoritas kedua setelah shelter, sebagaimana kita ketahui membuat api dengan cara-cara primitive (handrill, bow drill atau menggunakan bambu) tidaklah segampang yang anda lihat di youtube, sangat sulit membuat api dengan cara-cara tersebut. benar-benar dibutuhkan kesabaran dan latihan yang terus menerus untuk menguasainya. oleh karena itulah mengapa dalam survival kit kita biasanya akan menyiapkan alat untuk menghidupkan api secara berlapis. 

Penulis sendiri selalu menyiapkan setidaknya 3 alat untuk menghidupkan api yang selalu ada di dalam survival kit. Yang pertama :

FIRE STILL

Kelebihan dari alat ini adalah api tetap bisa dinyalakan dalam keadaan apapun baik basah, lembab apalagi kering. Kekurangannya adalah karena api yang ditimbulkan berupa percikan jadi untuk membuat api menyala kita membutuhkan tinder yang betul-betul kering yang sangat mudah terbakar, akan tetapi rasanya tidak sulit untuk menemukan bahan yang mudah terbakar (tinder) apalagi di dalam hutan.

KOREK GAS

Kelebihan dari alat yang sangat familiar dengan kita ini adalah sangat mudah untuk menyalakan api bahkan untuk bahan yang agak sulit terbakar sekalipun karena kita bisa menyalakan api dalam waktu yang lama dengan alat ini, kelemahan dari korek gas ini adalah sulit menyala dikondisi udara lembab apalagi basah.

KOREK KAYU

Dengan  membuatnya kedap udara sehingga tahan air korek kayu ini hampir sempurna untuk selalu dibawa, kelemahan satu-satunya adalah keterbatasan pada jumlah batang yang akan dibawa, kalau terlalu banyak korek kayu ini sangat memakan tempat didalam kotak survival.


Ketiga alat pembuat api diatas sebaiknya selalu ada dalam survival kit, dengan begitu kita selalu bisa menyalakan api bagaimana pun kondisinya, sebaiknya biasakan menyalakan api dengan alat yang tersulit terlebih dahulu sampai yang termudah, karena yang termudah biasanya jumlahnya paling sedikit. Kalau situasi benar-benar sangat ditidak bisa diprediksi ada baiknya coba menyalakan api dengan cara-cara primitive terlebih dahulu kalau gagal opsi terakhir barulah dengan menggunakan alat yang kita bawa.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MENYEDIAKAN FIRE KIT UNTUK SITUASI SURVIVAL ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.