Laman

JALUR VIA FERRATA DI GUNUNG PARANG


Bagi anda yang masih pemula dalam olahraga panjat tebing anda tetap bisa memanjat gunung parang yaitu melalui jalur via ferrata yang ada di salah satu sisi gunung tersebut. Via ferrata sendiri berasal dari bahasa italia yang artinya jalan besi. Diseluruh dunia sudah ada 1000 lebih jalur via ferrata, terbanyak di Negara Italia dan Austria. Gunung parang merupakan gunung pertama di Indonesia yang memiliki jalur tersebut juga gunung via ferrata tertinggi ke dua di Asia.

Via ferrata merupakan jalur yang dilengkapi dengan tangga besi dan lintasan kawat baja yang terpasang disepanjang jalur permukaan tebing gunung parang. Untuk keamanan tambahan setiap pengunjung yang akan memanjat harus dilengkapi dengan harness dan helm serta tali pengaman yang akan dikaitkan setiap lintasan besi tersebut.

Gunung parang memiliki ketinggian hingga 900 meter lebih diatas perkuaan laut, dan titik awal pendakian untuk jalur via ferrata berada diketinggian 300 mdpl, jadi untuk ke pucak anda akan memanjat sekitar 600 meter lagi, dengan beberapa post peristirahatan. Untuk pemanjatan rekreasi biasanya akan memanjat hingga 150 meter, namun anda juga bisa melanjutkan ke 300 meter sampai 600 meter hingga mencapai ketinggian 900 mdpl.

Dengan tingkat kemiringan antara 70 derajat sampai 90 derajat membuat siapa saja bisa memanjat dijalur yang diresmikan oleh skywalker sebuah operator wisata pada awal februari tahun 2015 yang lalu, dan telah diuji mulai dari umur 5 tahun sampai 62 tahun asalkan tidak ada riwayat sakit jantung dan tidak takut ketinggian tentunya. Untuk saat ini telah banyak operator wisata yang melayani jasa pendakian via ferrata. Jalur ini dibuka 24 jam dan waktu yang paling tepat ke gunung ini adalah saat musim kemarau yaitu pada bulan maret sampai bulan oktober karena pada musim hujan berpotensi petir.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel JALUR VIA FERRATA DI GUNUNG PARANG ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.